Yuk Cicipi Cita Rasa Kuliner Khas Manado!

Yuk Cicipi Cita Rasa Kuliner Khas Manado!

Siapa sih yang nggak suka kuliner? Semua manusia di bumi ini pastinya suka banget sama kuliner, apalagi wisata kuliner. Kuliner Khas Manado, umumnya memiliki rasa yang pedas dan bumbu yang kuat. Mulai dari berkuah hingga kering, olahan sambal, olahan ikan, hingga gorengan semuanya bisa memanjakan lidah Anda. Golongan makanan berkuah contohnya Brenebon, Sayur Ganemo, dan Tinutuan. Brenebon merupakan sup yang berisi kacang merah dan memiliki rasa yang manis. Sedangkan Sayur Ganemo merupakan hasil campuran dari bunga pepaya, daun melinjo, dan juga labu kuning. Sayur ini sangat terkenal karena sensasi rasanya yang unik. Bahkan orang Manado menyebutnya sebagai sayur yang melegenda. Lalu makanan berkuah yang terakhir adalah Tinutuan. Cara memasaknya yang unik membuat cita rasa sup yang berbentuk bubur ini menjadi sangat nikmat.

Tak hanya makanan berkuah, olahan sambal Kuliner Khas Manado juga patut Anda coba. Olahan sambal tersebut di antara lain adalah Sambal Roa, Bakasang, dan Dabu-dabu. Hal yang unik dari Sambal Roa adalah penyajiannya yang disandingkan dengan Ikan Roa. Ikan Roa sendiri sangat sulit didapatkan di Manado karena harganya yang mahal. Jadi, Anda tak perlu kaget apabila mengetahui berapa harga sambal yang satu ini. Selanjutnya ada Sambal Bakasang. Sambal ini merupakan olahan makanan laut yang berbahan dasar isi perut ikan tuna. Yang ketiga, ada Sambal Dabu-dabu. Hampir semua orang Manado mencintai sambal ini. Hal tersebut karena bahan dasarnya yang mudah dicari dengan harga yang murah.

Setelah mengetahui makanan berkuah dan olahan sambal. Kini Anda akan mengetahui jenis-jenis olahan ikan yang sangat enak. Diantaranya adalah Cakalang Fufu, Ikan kuah Asam, dan Pampis. Cakalang Fufu merupakan olahan ikan yang berbahan dasar ikan cakalang. Hanya saja cara memasaknya menggunakan asap, sehingga memiliki aroma yang sedap. Kedua, Ikan Kuah Asam. Rasanya yang asam dengan perpaduan ikan segar memberikan sensasi seperti memakan masakan restoran. Terakhir adalah Pampis. Pampis merupakan sajian ikan cakalang yang disuwir-suwir. Bentuknya mirip seperti abon namun rasanya sangat gurih. Nah setelah mengetahui semua Kuliner Khas Manado, kini Anda tak perlu bingung lagi jika ingin berkunjung ke sana. Anda tinggal memilih makanan yang sesuai dengan selera Anda.

About the Author: twegistry

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *